Wiji, Tungku Tak Terpisahkan dari Hidup Saya


Realitakini.com - Tulungagung.
Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0807/Tulungagung terus bekerja untuk masyarakat di Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Desa yang kini menjadi sasaran program TMMD tahun 2020 dalam rangka pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat terus dikerjakan.

Dalam kegiatan TMMD ini, tidak hanya melaksanakan program fisik tapi juga program kegiatan non fisik. Jadi dari kegiatan tersebut pasti satgas selalu menemukan kehidupan yang masih asli di pedesaan, kehidupan yang sangat diyakininya serta satu kehidupan yang tidak terlepas dari budaya dan adat.

Desa Ngepoh yang jauh dari kota dengan kondisi alam serta wilayah pegunungan, tentunya masyarakatnya masih banyak yang belum menggunakan peralatan yang modern. 

Contohnya untuk memasak juga masih menggunakan cara tradisional yang memang sangat terbukti.

Cara tradisional tersebut tentunya tak terlepas dari warga yang sudah tua yang masih mempertahankannya. Karena bagi mereka, dengan memasak menggunakan kayu, selain rasanya lebih enak juga baik untuk kesehatan. Dari situ, makanya untuk orang tua dulu banyak yang panjang umur karena terbebas dari zat kimia.

“Tungku dan kayu sudah bagian dari hidup saya sejak dulu hingga sekarang dan saya tak mau menggunakan kompor gas, karena dengan cara masak menggunakan tungku rasa makanan lebih enak dan segar, sekaligus bagus untuk kesehatan,” jelas Wiji, Selasa (21/7/2020 ).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa meskipun ada kompor gas, namun bagi dirinya, dengan menggunakan tungku akan lebih mudah karena sudah menjadi kebiasaannya setiap melakukan memasak. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post