Mentawai Kembali Jadi Zona Hijau

Realitakini.com -Mentawai, 
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake melalui konferensi pers menyampaikan bahwa 1 orang pasien yang terinfeksi covid-19 pada hari ini dinyatakan telah sembuh. Konferensi pers yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Mentawai Kamis (2/07) menyampaikan perkembangan baru kasus covid-19. 

Saat konferensi pers Wabup mengatakan, "satu orang pasien yang terinfeksi covid-19 di desa maileppet, kecamatan siberut selatan sejak 21 juni, hari ini dinyatakan telah sembuh," ungkap Kortanius.(2/07)

"informasi ini kita ketahui setelah menerima hasil swab test sebanyak dua kali dengan hasil keduanya juga negatif," ujarnya menambahkan keterangan. 

Pengambilan dan pengiriman sample swab  pasien pria (45) ASN (Syahbandar) di Kecamatan Siberut Selatan warga Lubuk Minturun, Kota Padang tertanggal 24 Juni dan menerima hasil 26 Juni dengan hasil negatif.Kemudian kembali pengambilan dan pengiriman sample swab pada tanggal 30 Juni dan menerima hasil pada tanggal 2 Juli dengan hasil negatif. 

Berdasarkan data gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, mulai 2 Juli status Mentawai berubah kembali menjadi warna hijau dari warna kuning, atau tanpa pasien covid-19.

Namun sampai saat ini, masih banyak jawaban yang tidak pasti yang diberikan oleh juru bicara terkait beberapa pertanyaan yang diajukan oleh wartawan. Seperti penanganan limbah B3 covid-19, tempat pemakaman, serta konsistensi pengambilan  dan pengiriman sample swab. Meskipun hal ini sangat dibutuhkan untuk plubikasi. 

Selain itu laporan dari Laboraturium Diagnosis dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND) dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan penanggung jawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc melaporkan bahwa dari 1.916 sample swab dengan rincian 1.903 sample di Labor UNAND Padang dan 13 sample 13 di Labor Veteriner Baso Agam yang dikirimkan oleh survailance dan tim survey. Informasi terakhir pada pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sample positif sebanyak 5 orang dan pasien yang sembuh sebanyak 11 orang.

Pasien yang positif tersebut berasal dari Kabupaten Tanah Datar 3 orang dan 2 orang berasal dari Kota Padang. Total sementara warga Sumatera Barat yang positif terinfeksi covid-19  sampai hari ini sebanyak 747 orang dengan rincian pasien yang sembuh 618 orang, pasien yang meninggal 31 orang dan pasien yang dirawat di rumah sakit dan isolasi secara mandiri sebanyak 98 orang.(JJ)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels