Drs, Besri Rahmad MM Ikut Berpartisipasi Pada HAN Yang Berbeda.

Realitakini.com -Padang 
Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya. Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, HAN 2020 diperingati dengan berbagai rangkaian acara daring. Puncaknya digelar, Kamis (23/7) pagi, melalui konferensi video serentak di seluruh Indonesia.

Gubernur Provinsi Sumatera  Barat  (Sumbar)  Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumbar   Drs, Besri Rahmad MM ikut berpartisipasi dari Ruang Sumbar Smart Province, Kantor Gubernur Sumbar,  Jl. Jend. Sudirman No.51, Padang Pasir, Kec. Padang Barat Kota Padang, Sumatera Barat 25129.

Dalam rangka Peringatan Hari Anak National (KPAI)  menyelenggarakan Anugrah KPAI tahun 2020. Provinsi Sumatera Barat ditetapkan sebagai Sarah Saturday penerima Penghargaan says komitmenya salaam penyelenggaraan perlindungan anak melaporkan Caspian berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dalam  Pelaporan (SIMEP).

Penyerahan Anugrah KPAI tahun 2020 ini diselenggarakan secara Daring Dan diikuti Oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat,  Kapala dinas Penberdayaan Permpuan dan perlibdungan anak (PPPA) Provinsi Sumatera Barat. KAJATI Sumbar, Kepala dinas kesehatah sumbar  Serta Tim koordinasi Penanganan ABH Provinsi Sumbar. Di Ruangan Rapat  Gubernur Sumatera Barat  Hari Rabu 22 Juli 2020 

Usai mengikuti rangkaian acara, Bersi  menyampaikan beberapa harapan terkait kondisi anak khususnya di masa pandemi.Antara lain, para orang tua diharapkan senantiasa mencurahkan perhati an lebih kepada anak di masa pandemi saat ini. Apalagi, sekarang mereka diharuskan untuk banyak tinggal di dalam rumah.

“Kita sepakat kondisi ini memang berat untuk kita semua. Ada yang harus bekerja dari rumah, ditambah lagi harus membantu anak belajar dari rumah karena sekolah belum dibuka. Butuh kesabaran, namun ini tidak menjadi alasan untuk siapapun memperlakukan anak dengan tidak layak,” tegas Sabrina.

Sesuai tema HAN 2020 yakni “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline Anak Indonesia Gembira di Rumah, Sabrina berharap hal ini bisa diwujudkan khususnya di Sumbar. Selain itu,Besri juga berharap agar semua pihak turut serta dalam membantu menurunkan angka kekerasan terhadap anak di Sumbar

“Kemarin kita mendapat kabar bahagia, memperoleh penghargaan Anugerah KPAI 2020 dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) karena dinilai komitmen dan berhasil dalam upaya perlindungan anak dari tindak kekerasan sepanjang tahun 2019-2020. Jangan puas, masih banyak PR di depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga menyebut acara HAN 2020 yang dikemas secara daring agar tidak mengurangi makna dan menyurutkan komitmen dalam memperingati HANPandemi saat ini, lanjut Bintang, membawa persoalan tersendiri bagi dunia anak. Di antaranya persoalan pengasuhan bagi anak yang orang tuanya terinfeksi Covid-19, berkurangnya ruang dan aktivitas bermain dan belajar anak, hingga terdampak ekonomi.

“Untuk itu, Kemen PPPA RI melakukan pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik kepada anak yang difokuskan pada mereka dari keluarga sangat miskin dan prasejahtera dari zona merah, termasuk anak-anak termarginal, berkebutuhan khusus dan terdampak Covid-19. Pada 11 Juli 2020 telah kita bagikan di Jabodetabek dan provinsi lain di Indonesia melalui Dinas PPPA,” jelas Bintang.
Tidak hanya Kementerian PPPA, Kemensos RI juga telah memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik anak sebanyak 16.923 paket, serta Kemenkumham RI yang telah memberikan bantuan spesifik kepada 33 lembaga pembinaan khusus anak di seluruh Indonesia.( w/ hms sumbar)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels