Wujudkan Pencegahan Covid-19 Melalui Sosialisasi Serta Pembagian Masker Dan Poster Kepada Masyarakat

Realitakini.com-Payakumbuh
Tim Kukerta UNRI relawan lawan covid-19 melaksanakan kegiatan pembagian masker serta poster kepada masyarakat di kelurahan Padang Tiakar kecamatan Payakumbuh Timur kota Payakumbuh.

Kegiatan pembagian masker dan poster  yang baru-baru ini dilaksankan oleh tim Kukerta UNRI yang langsung didampingi oleh Karang Taruna Kelurahan Padang Tiakar.

"Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan masker serta poster melalui mengenai pencegahan Covid-19 dan nomor telepon/HP beserta alamat pihak kesehatan terdekat serta penyampaian secara langsung mengenai isi poster oleh tim Kukerta UNRI terhadap 13 RT yang ada di kelurahan Padang Tiakar," kata Regi kepada wartawan Jumat(12/06).

Dikatakan Nadia, "Kegiatan pembagian masker serta poster dilakukan dengan mengunjungi secara langsung rumah RT setempat, terhitung ada 13 RT di kelurahan Padang Tiakar.Tim kukerta UNRI meminta izin kepada tiap RT untuk mensosialisasikan isi poster serta penyerahan masker langsung kepada tiap RT," ujar nya.

Dia juga berharap masker dapat disalurkan secara merata kepada warga-warga di tiap RT, serta poster dipasang di tempat-tempat umum yang sering dikunjungi orang ramai, seperti warung, mushalla, serta masjid.

"Poster pencegahan Covid-19 berisikan mengenai ciri-ciri gejala klinis yang dialami oleh orang yang terpapar Covid-19, yaitu demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokkan, serta letih dan lesu," sebut Rahmi.

Lanjut,kegiatan ini juga bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terpapar Covid-19 seperti mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik hingga bersih, menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit, menutup hidung atau mulut ketika bersin/batuk dengan tisu, membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan, serta menggunakan masker jika ada keperluan keluar. Dan untuk poster RS/Puskesmas rujukan penanganan Covid-19 berisikan Nama RS/Puskesmas beserta nomor telepon/HP dan alamat dari RS/Puskesmas tersebut.

"Tentunya dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini diharapkan setidaknya warga setempat dapat mentaati tindakan pencegahan Covid-19 serta jikapun ada yang terpapar Covid-19 dengan mengenali gejala klinisnya dapat segera menghubungi/membawa yang bersangkutan menuju RS/Puskesmas terdekat," harap Bella.

Peran dari sosialisasi serta pembagian masker dan poster cukup penting karena di masa pandemi ini masih banyak masyarakat yang melanggar dan tidak mematuhi aturan seperti tidak memakai masker saat keluar rumah dengan alasan tidak mempunyai masker, serta aturan lainnya yang masih banyak tidak dipatuhi dengan alasan tidak mengetahui informasi.

"Sehingga dengan adanya sosialisasi serta pembagian masker dan poster ini dapat menjawab semua alasan yang diberikan masyarakat, dan masyarakat pun patuh terhadap aturan, dengan patuhnya kita semua terhadap aturan maka pandemi ini pasti akan segera berakhir," tutup Eni.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels