Tinjau Penerapan New Normal Gubernur Sumbar Kunjungi Istano Basa Pagaruyung


Realitakini.com -Tanah Datar
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi Istano Basa Pagaruyung dalam rangka melihat langsung penerapan dalam menyambut Tatanan Normal Baru produktif aman covid-19 atau New Normal sesuai dengan protokol kesehatan dilokasi obyek wisata, Restoran dan Hotel, Minggu (14/06/2020).

Kedatangan Gubernur disambut oleh Sekretaris Daerah Irwandi, Forkopimda, Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt Bungsu, Asisten I Suhermen, Unsur OPD, dan Kadis Parpora Abdul Hakim.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyampaikan harapannnya agar pariwisata tetap berkembang dan berjalan dengan melaksanakan kegiatan produktif tapi dengan mematuhi himbauan pemerintah melaksanakan kegiatan sesuai dengan Protokol Kesehatan seperti menyediahkan tempat cuci tangan, hand sanitizer serta Rapid tes untuk pengunjung yang masuk.

"Kita berharap pariwisata akan terus berkembang, semua masyarakat bisa mengunjungi obyek wisata tapi tetap melaksanakan Protokol kesehatan, kehidupan ekonomi bisa berjalan dengan  membuka kembali semua obyek wisata untuk produktif lagi dengan mengundang masyarakat untuk berwisata ke Sumatra Barat," kata Irwan Prayitno.

Gubernur juga mengatakan Covid-19 memang tidak bisa spontan dihilangkan  tapi setidaknya kita sudah bisa mengendalikan nya dengan menerapkan imbauan pemerintah bila keluar rumah tetap bersih sehat dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan Sosial Distancing.

Sementara itu Sekretaris Daerah Irwandi mengatakan kedatangan gubernur memberikan dukungan ke kabupaten Tanah Datar untuk memulih kembali pariwisata dan pusat perekonomian.

"Kita berharap dengan adanya kunjungan Pak gubernur bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus memberikan dorongan kepada pelaku usaha dalam menerapkan protokol covid-19  dimasing-masing unit usaha mereka," kata Sekda.

Sekda juga menyampaikan harapannya ekonomi di Tanah Datar bisa kembali pulih dengan meningkatnya gairah wisata setelah dikunjungi oleh gubernur sebagai simbol Sumatra Barat, setelah sebelumnya gubernur sudah mengunjungi Bukittinggi, Sawahlunto.

Kadis Parpora Abdul Hakim juga menyampaikan dengan adanya penetapan kunjungan gubernur  Tanah Datar siap melaksanakan protokol kesehatan dan ini memperkuat Hotel, restoran dan obyek wisata untuk diinformasikan kemasyarakat kalau semuah sudah mematuhi Protokol kesehatan.

"Dengan adanya kunjungan pak gubernur harapan kita, pariwisata di Tanah Datar kita promosi kembali dengan melaksanakan protokol kesehatan, dan untuk tahap awal kita baru membuka lima lokasi obyek wisata yaitu, Istano Pagaruyung, Tanjung Mutiara, Panorama Tabek Patah, Puncak Pato, dan Nagari Tuo Pariangan sudah dipantau dan sudah memenuhi SOP," Kata Abdul Hakim.

Terkait obyek wisata lain di Tanah Datar menurut Kadis, "sudah minta izin untuk dibuka dan diharapkan akhir juni akan akan terlaksana semuanya dan bisa lagi berjalan seperti biasa, dengan tetap melaksanakan aturan yang ada," Kata Kadis Parpora Abdul Hakim. (M)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels