Tim Kukerta Unri, Gelar Edukasi Dan Sosialisasi Masyarakat Mengenai Pencegahan Covid-19

Realitakini.com-Payakumbuh
Tim Kukerta UNRI relawan lawan covid-19 melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi masyarakat mengenai pencegahan covid serta pembagian masker. Kegiatan edukasi dan sosialisasi masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 dilaksanakan oleh tim Kukerta UNRI yang langsung didampingi oleh Karang Taruna Kelurahan Koto Baru Kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat(05/06).

" Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah penempelan poster mengenai pencegahan Covid-19 dan nomor telepon/HP beserta alamat pihak kesehatan terdekat serta penyampaian secara langsung mengenai isi poster oleh tim Kukerta UNRI ", kata Regi.

Benny salah satu tim Kukerta Mahasiswa UNRI kepada wartawan mengatakan, bahwa Kegiatan edukasi dan sosialisasi masyarakat ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat umum yang sering digunakan masyarakat warga setempat untuk berkumpul seperti warung-warung ataupun tempat ibadah yang pastinya ramai dengan warga setempat," sebut Benny.

Tim kukerta UNRI meminta izin kepada target yang ingin diedukasi serta disosialisasikan lalu langsung melaksanakan edukasi dan sosialisasi dengan memberikan penjelasan yang ada pada poster serta menempelnya di tempat tersebut agar bisa dilihat dan dipahami, baik oleh pemilik warung tersebut maupun masyarakat yang mengunjunginya.

Ditambahkannya, "Poster pencegahan Covid-19 berisikan mengenai ciri-ciri gejala klinis yang dialami oleh orang yang terpapar Covid-19, yaitu demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokkan, serta letih dan lesu. Dan bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terpapar Covid-19 seperti mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik hingga bersih, menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit, menutup hidung atau mulut ketika bersin/batuk dengan tisu, membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan, serta menggunakan masker jika ada keperluan keluar," terang Zado.

"Untuk poster RS/Puskesmas rujukan penanganan Covid-19 berisikan Nama RS/Puskesmas beserta no telepon/HP dan alamat dari RS/Puskesmas tersebut dan tentunya dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini diharapkan setidaknya warga setempat dapat mentaati tindakan pencegahan Covid-19 serta jikapun ada yang terpapar Covid-19 dengan mengenali gejala klinisnya dapat segera menghubungi/membawa yang bersangkutan menuju RS/Puskesmas terdekat," ujar Eni.

Setelah memberikan edukasi dan sosialisasi tim kukerta UNRI juga membagikan masker dan penyemprotan hand sanitizer sebagai perwujudan nyata kepedulian terhadap masyarakat Kelurahan Koto Baru Payobasung.

Terutama pada saat jamaah yang ingin beribadah di masjid untuk melaksanakan sholat Jum’at dan kegiatan pembagian masker dan penyemprotan hand sanitizer dilakukan saat hendak ibadah Sholat Jum’at didampingi langsung oleh staff kelurahan yang wanita di gerbang Masjid Nurul Falah.

"Karena masih ada warga setempat yang masih belum menggunakan masker saat hendak beribadah di masjid, sehingga dari pada dipulangkan, Tim kukerta UNRI berinisiatif membagikan masker saat itu agar para jamaah tetap dapat melaksanakan kewajibannya beribadah," tutup Rahmi.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels