Banggar DPRD Kabupaten Blitar Bahas Pemilukada 2020

Realitakini com,-Kabupaten Blitar
Untuk  pemilihan Bakal Calo (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Blitar pada 9 Desember 2020 mendatang, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat koordinasi persiapan menjelang Pilkada di ruang rapat kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Blitar, Jalan Kota Baru, Kanigoro, Senin (15/6/2020

Untuk rapat koordinasi tersebut, dilaksanakan dengan mengudang instansi terkait seperti, KPU Kabupaten Blitar, Bawaslu dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)).Mujib, SM, Wakil Ketua Banggar DPRD Kabupaten Blitar usai rapat mengatakan, “kita undang beberapa instansi dan penyelenggara pemilu untuk memberikan penjelasan sejauh mana tahapan-tahan yang sudah dilaluinya. 

Terkait dengan pelaksanaan pemilihan nantinya sedikit berbeda. Dimana, karena dimungkinkan masih adanya pendemi Covid-19, maka, teknis dan tatacara pemilihan diberlakukan mematuhi protokoler kesehatan,”kata dia,

"Seperti memakai masker, sebelum masuk bilik mencuci tangan dan tes suhu dengan menggunakan thermogun,  antrian pemilih diterapkan physical distancing, serta mungkin aturan lainya yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19," katanya.

Dia  menambahkan,” terkait dengan anggaran ada penambahan dan pengurangan seperti halnya anggaran untuk sosialisasi yang sebagian bisa diarahkan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas Pantarlih (panitia pendaftar dan pemilih).

Dengan demikian kata, Mujib,” mengingat supaya didalam pengelolaan anggaran nantinya diminta ada laporan tertulis agar  dapat dievaluasi bersama sama. Untuk selanjutnya, supaya pihaknya dapat memberikan masukan yang mana nanti bisa di lakukan efisiensi tekait dengan anggaran. 

Wakil DPRD ini menanbahkqn, dahulu sebelum ada pandemi KPU ada sosialisasi secara terbuka atau event terbuka. Tapi, untuk saat ini tidak mungkin dilakukan dan bagian ini bisa di kurangi. Akan tetapi, disisi lain penyelengara harus mempersiapkan protokol kesehatan, maka ada penambahan Anggaran untuk persiapan APD yang akan disiapkan bagi penyelengara pemilu kada.

"Pada Intinya kita meminta laporan KPU kesiapanya seperti apa nanti," Pungkas Politisi partai Gerindra ini.(edy/r)



Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels