Kampung Cempluk Di Kota Malang, Diapresiasi Gubernur Jatim

Realitakini.com -Kota Malang,
Keberadaan kampung cempluk atau yang mulai dikenal dengan sebutan kampung tangguh, mulai menyita perhatian publik.Betapa tidak, kampung tangguh tersebut, dinilai mampu memerangi pandemi corona.
         
Berada di Kecamatan Dau, Kota Malang, Jawa Timur, kampung itupun ditinjau langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dengan didampingi oleh Danrem.

“Kampung cempluk ini sukses menerapkan PSBB lokal. Inimenjadi penguat penta helix. Karena, binaannya langsung riil kemasyarakat,” jelas Khofifah. Sabtu, 16 Mei 2020.

Tak hanya memerangi Covid-19 saja, namun, kampung itu juga memberikan berbagai manfaat positif di masyarakat, salah satunya ialahpembekalan mengenai tata cara penanganan wabah corona.
“Institus RW menjadi pengikat solidaritas masyarakat. Kampung cempluk ini bisa dijadikan percontohan,” bebernya.

Sementara itu, Kolonel Zainuddin mengungkapkan jika kampung tangguh, sejatinya ialah membangun sebuah sistem ketahanan wilayah yangberbasis masyarakat.

Masyarakat, kata Danrem, mempunyai kemandirian dalam upayamencegah penyebarluasan wabah corona. Bahkan, kampung yang digagas olehpihak Universitas Brawijaya bersama para relawan bersatu melawan Coronaitu, dijadikan model dalam penerapan PSBB di Malang Raya. 

“Sehingga,masyarakat tidak tergantung dengan aparat. Karena, memiliki keahlianmasing-masing,” tandas Danre (Kapenrem 083/Baladhika Jaya, Mayor Inf Prasetya, H. K/al)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels