Petugas Puskesmas Lubuk Sikaping Sosialisasi Pemakaian APAR

Realitakini.com - Pasaman.
Bersama Tim Satgas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasaman serta 72 petugas Puskesmas Lubuk Sikaping mengadakan sosialisasi dan simulasi pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Rabu (4/3/2020) di Puskesmas Lubuk Sikaping.

Tujuan Sosialisasi Apar ini, untuk mengetahui cara penggunaan dan pemakaian Apar dalam memberikan pertolongan pertama  jika terjadi kebakaran. Selain itu, juga untuk memberikan pengetahuan dan keterampil an khusus sekaligus persiapan meningkatkan kinerja para petugas kesehatan.

Kepala Puskesmas Lubuk Sikaping Fitri Darwini menyampai kan, "terima kasih kepada petugas Damkar Pemkab Pasaman yang telah memberi pembekalan kepada seluruh tenaga medis dan karyawan Puskesmas Lubuk Sikaping".

"Melalui simulasi ini, para tenaga medis semoga bisa memahami dan memiliki keberanian dalam menggunakan alat pemadam kebakaran bila terjadi kebakaran", harap Fitri.

Adapun tujuan dilaksanakan simulasi dan sosialisasi pemakaian Apar tersebut, untuk melatih keterampilan para medis dan pegawai serta sebagai bahan penilaian akreditasi Puskesmas dalam waktu dekat ini. 

"Kita punya alat pemadam tetapi belum mengetahui cara penggunaannya, bahkan tidak bisa menggunakannya," ujar Fitri

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Pasaman Aan Afrialdi  mengingatkan, agar seluruh petugas puskesmas selalu waspada tentang bahaya api yang menyebabkan kebakaran.

Dengan demikian, Aan berpesan agar sosialisasi Apar ini, dijadikan sebagai kegiatan pengetahuan dan keterampilan dalam pencegahan awal. "Bila ada percikan api, segera dicegah dan dipadamkan dengan menggunakan alat yang telah disediakan oleh petugas, selanjutnya melapor kepada petugas pemadam kebakaran terdekat", ujar Aan. Terpenting, "kepada setiap petugas kesehatan, kami harap untuk selalu menjaga keamanan lingkungan sekitar", tutup Aan.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post