Melalui Rakor, DPRD Mentawai Tegaskan Bantuan Sosial Harus Tepat Sasaran

Realitakini.com - Mentawai.
Melalui rapat koordinasi (rakor) penanganan masalah sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang berlangsung di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Mentawai, Rabu (04/03/2020), Anggota DPRD Mentawai fraksi PDI Perjuangan Ibrani Sababalat menegaskan, "bantuan sosial harus tepat sasaran kepada masyarakat yang miskin dan membutuhkan".

Dengan itu, ia mengatakan kalau program sosial ini tepat sasaran dan menyentuh kepada masyarakat yang membutuhkan, maka pihaknya akan mendukung penuh program tersebut. 

"jika tepat sasaran dan menyentuh kepada masyarakat yang membutuhkan, maka kami dan saya pribadi akan mendukung program ini" ujar Ibrani.

Mekanisme pendataan yang sebelumnya, Kata dia, harus diubah, karena masih terdapat tidak sinkronnya data DPRD dengan data yang ada di Kecamatan dan Desa. Sementara, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengaku bahwa, "masih banyak sekali persoalan sosial yang perlu diselesaikan secara bersama-sama."

Selain itu, tenaga sosial yang tersebar di 10 Kecamatan kepulauan Mentawai, harus lebih ditingkatkan lagi peranannya dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya, tenaga Program Keluarga Harapan (PKH) dan tenaga BPJS.

Turut hadir pada Rakor kali tersebut, Staf Khusus Kementerian Sosial dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).(JJ)

Post a Comment

Previous Post Next Post