Pemkab Pessel Target Pembangunan Jalan Alahan Panjang Selesai Tahun ini

Realitakini.com - Pessel.
Pembangunan jalan Muaro Aia - Alahan Panjang, sepanjang 46 KM  yang menghubungkan Pessisir Selatan (Pessel) dengan Kabupaten Solok ditarget selesai tahun ini (2020).

Hal ini  disampaikan Bupati Pessel Hendrajoni, Senin (24/2/2020), bahwa Jalan Bayang Alahan Panjang ini sudah lama diharapkan masyarakat. karena jalan tersebut, selain sebagai jalan alternatif, juga mampu meningkatkan perekonomian ke dua Daerah. Pembangunan jalan tembus Pasar Baru Alahan Panjang ini, kata Bupati, merupakan segitiga perekonomian Daerah.

"Jalan yang yang dibangun ini merupakan jalan APL, lebarnya sekitar 50 meter", jelas Hendrajoni.

Menurutnya, jalan ini nanti akan membuat tranportasi ke dua Daerah yakni Pessel dan Kabupaten Solok, menjadi mudah. Selain itu, pembangunan jalan tersebut, akan menjadikan Daerah ini sebagai jalur yang bisa memperpendek jarak tempuh dan juga sebagai jalur tranportasi perdagangan warga ke dua Wilayah.

Bukan hanya itu saja, keberadaan jalan ini mungkin akan ada pengembangan kawasan wisata yang rutenya akan disesuaikan dengan Wilayah, apalagi di Kecamatan Bayu ini ada Jembatan Akar dan Air terjun Bayang sani, ujar Bupati.

Jadi, kemungkinan potensi pariwisata bisa juga dikembangkan hingga ke kawasan Mandeh.Namun demikian, ini membutuhkan biaya besar untuk bisa membuka jalur tersebut agar bisa dilewati secara normal dan aman. "Semoga bisa dilaksanakan secara multiyear, tutup Bupati.(rls/red)

Post a Comment

Previous Post Next Post