Dinas Pustaka Arsip Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Padangpanjang

Realitaskini.com-Padangpanjang.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang memiliki cara tersendiri untuk menanamkan gemar membaca pada anak-anak sedini mungkin,satu diantaranya dengan menggelar Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Padangpanjang.

Sebanyak 80 siswa-siswi SD Negeri dan MI di wilayah Kota  Padangpanjangmengikuti lomba dengan antusias,di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,Kamis (20/02).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bunda Literasi Kota Padangpanjang yang Diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang, Alvi Sena, ST, MT.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan di zaman sekarang kegiatan membaca tidak mudah ditumbuhkan mengingat kecanggihan teknologi saat ini, ketertarikan anak - anak lebih cenderung kepada media daripada buku dan waktu anak - anak pun lebih banyak dihabiskan dengan bermain gadget dibandingkan untuk membaca.

"Melalui lomba bercerita ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan budaya gemar membaca dan sebagai media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun karakter, kecerdasan, inovasi serta memunculkan kepedulian pelajar dalam cerita daerah yang dapat dipedomani dalam kehidupan sehari hari, "ucapnya.

Selain menanamkan gemar membaca sedini mungkin,lomba ini juga bertujuan untuk mewujudkan Kota Padangpanjang sebagai Kota Literasi, serta meningkatkan kemampuan gemar membaca dan dapat mengkomunikasikannya dengan baik, dan terakhir adalah membangkitkan cinta anak terhadap budaya daerah.

Sementara Itu Plt. Sekretaris Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padangpanjang, Joni Aldo, A.Md selaku Ketua Panita mengatakan selain lomba bercerita juga diadakan berbagai lomba lain seperti,Lomba Perpustakaan Kelurahan, TBM, Pojok Baca,serta lomba Pustakawan berprestasi tingkat SD, SLTP, dan SLTA se- Kota Padangpanjang.

"Untuk lomba pustakawan berprestasi tingkat SD, SLTP dan SLTA se-Kota Padangpanjang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang, "jelasnya.

Adapun Dewan Juri dari kegiatan lomba bercerita tersebut yaitu, Dekan II Fakultas Pertunjukan ISI, Hendri Jihadul Berkah, S.Sn, M.Hum Pegiat Literasi dan Pendonge Sumbar, Niki Martoyo, Dosen Teater Institute Seni Indonesia, Yalesvita, S.Sn, M.Sn.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padangpanjang, Drs. Herman, MM. (Abe)

Post a Comment

Previous Post Next Post