BLK Pasaman Laksanakan Seleksi Pelatihan Berkompetensi Program Kemnaker RI di BLK Lubuksikaping

Realitakini.com - Pasaman.
Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman lakukan seleksi kepada ratusan peserta pencari kerja.Seleksi Pelatihan Berkompetensi Program Kemnaker RI ini berlangsung di BLK Lubuksikaping Kabupaten Pasaman Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (20/2/2020).

Terlihat, para peserta seleksi mengikuti tahapan seleksi dengan serius dan semangat, mereka mulai lulusan SD, SLTP, SMA, SMK dan Mahasiswa dan sudah mendaftar online di web Sisnaker, milik Kemnaker RI. 

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman M.N Susilo menyampaikan, "tahun ini, BLK Lubuksikaping menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi sebanyak kurang lebih 30 paket pelatihan dari 8 kejuruan unggulan.

Hal ini, dalam rangka mensukseskan program pemerintah pusat pada peningkatan sumber daya manusia Indonesia melalui Kemnaker. 

Delapan kejuruan tersebut, kata Susilo, yakni, otomotif, garmen, TIK, teknik bangunan, teknik listrik, prosessing, pariwisata, administrasi perkantoran dan manajemen bisnis.

Ia menjelaskan, program pelatihan berbasis kompetensi ini didapatkan melalui kerjasama yang baik antara BLK Lubuksikaping dengan BLK Padang, selaku UPTP pembina BLK di wilayah Sumbar, Riau dan Kepri.

"Kita bersyukur atas program pelatihan ini, sehingga putra putri Pasaman bisa di latih skiil dan keahliannya dalam rangka menghadapi tantangan global", ucap mantan Asisten II Pemkab Pasaman itu.

Susilo berharap, dengan di melalui  pelatihan skiill ini, para pencari kerja di Pasaman dapat menghadapi tuntutan dunia industri dan dunia kerja dalam upaya mewujudkan kesejahteraan.

Sementara, Kepala BLK Lubuksikaping Haryadi mengatakan, kuota yang disediakan di BLK untuk pelatihan PBK Gelombang I sebanyak 160 kursi untuk 10 jurusan keahlian, sedangkan pendaftar tercatat sebanyak 237 orang. 

10 kejuruan yang akan dilaksanakan tersebut antara lain; pelatihan Otomotif sepeda motor, pelatihan pembuat roti dan kue, penata rambut, tour leader, cabinet making, juru ukur, practical office, bordir, menjahit pakaian dasar dan perakitan komputer.

"Antusiasme warga pencari kerja sangat tinggi mengikuti program ini," kata Haryadi.

Ia menjelaskan, seleksi ini meliputi ujian, wawancara dan penelusuran minat bakat sesuai dengan kejuruan pelatihan yang akan di buka. 

Para peserta akan mengikuti pelatihan sekitar satu sampai satu setengah bulan dan mereka akan di latih oleh mentor dan instruktur profesional. Bagi yang lulus nanti, berkesempatan di tampung pada dunia kerja, karena BLK sudah bekerjasama dengan beberapa industri dan pemerintah maupun swasta" ujar Haryadi.

Masih kata Haryadi, berbeda dengan sebelumnya, pelatihan BLK kali ini wajib daftar Online melalui sistem sisnaker, web milik Kemnaker RI.

"Ada 237 calon siswa yang dipanggil ke BLK Lubuksikaping hari ini untuk mengikuti seleksi, mereka adalah pendaftar yang sudah mendaftar di akun sisnaker sejak awal tahun lalu, jadi mereka adalah pendaftar yang sudah memiliki akun", terang Haryadi.

Menurutnya, sistem yang sudah dibuat oleh Kemnaker terdebut, sudah sangat bagus, database peserta terdata rapi di sistem sisnaker, selain menjadi rujukan jumlah pencari kerja, juga menjadi data terhadap fasilitas fasilitas program pemerintah Pusat ke depan. Ia berharap, dengan sistem pelatihan melalui satu data base se Indonesia ini, ke depan para pencari kerja dengan mudah datanya di temukan. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post