Bersama Warga Bacem, Bupati Blitar Tanam Pohon

Realitakini.com-Kabupaten Blitar.
Bersama warga Desa Bacem Kecamatan Sutojayan, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM menanam pohon, Jumat (7/2/2020).Kegiatan ini, kata Rijanto, sebagai upaya pemerintah untuk menangkal terjadinya bencana  banjir. 

Mengingat, kecamatan Sutojayan adalah salah satu Daerah di Kabupaten Blitar yang selalu jadi langganan banjir disaat musim hujan, untuk itu, pemerintah menggalakkan aksi penghijauan dengan menanam pohon.

"Ini langkah strategis yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya banjir, selain normalisasi sungai", kata Bupati.

Diterangkan Bupati, program penghijauan lingkungan dengan menanam pohon tersebut berdasarkan instruksi pemerintah pusat. Rijanto juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah membuat peraturan bupati (Perbup) soal penanaman pohon dalam rangka penghijauan lingkungan.

Pada kegiatan penanaman pohon ini, kata Buupati, berbgai jenis tanaman pohon yang ditanam antara lain, pohon Sirsat, Alpukat dan tanaman keras seperti pohon Sengon dan pohon Jati dan penanaman ini dilakukan yakni di Kepek, Bacem dan Pandanarum.

"Kalau ini kita galakkan terus, upaya menangani banjir bisa efektif. Direncanakan juga membangun embung-embung. Tapi bagaimanapun, peran kita juga ikut menentukan terhadap pelestarian lingkungan hidup dan antisipasi bencana," ujar Rijanto.


Tampak hadir, pimpinan Daerah kabupaten Blitar dan Forpimda, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar, hingga Muspika Sutojayan serta komunitas peduli lingkungan Caping Gunung, Jan Dwipa dan adik-adik Pramuka. (Edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post