Lumbung Pangan Masyarakat Dan RMU Nagari Taram Diresmikan

LimaPuluhkota -Realitakini.com
Kenagarian Taram kembali berbenah. Usai mendapatkan penghargaan penilaian lomba desa terbaik tingkat nasional, kali ini kenagarian taram bangun Lumbung Pangan Masyarakat  (LPM) dan Rice Milling Unit (RMU) Kenagarian Taram. Lumbung tersebut terletak di Jorong Tanjuang Ateh, Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Gedung LPM dibangun di atas tanah yang telah dihibahkan oleh masyarakat. Pembangunan tersebut, menggunakan dana APBD Kabupaten Lima Puluh Kota dan secara simbolis diresmikan oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir.H.Irfendi Arbi, M.P. (22/1/2019).

Pada acara peresmian, Walinagari Taram Defrianto Ifkar, S.Si dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Selain itu, Defrianto Ifkar juga berharap kepada seluruh kelompok tani agar dapat menjadikan dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Dijelaskan bahwa LPM dan RMU ini minimal mempunyai dua fungsi. Yang pertama  sosial emergency dan yang kedua sarana peningkatan ekonomi masyarakat.

"Nagari Taram menjadi daerah langganan bencana, hampir setiap tahunnya. Dengan adanya lumbung ini, kita berharap segala kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi di masa-masa emergency tersebut,"terang Defrianto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota Gusdian laura, S.Km, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa, "lumbung pangan ini satu-satunya yg terintegrasi dengan RMU. Selain Lumbung dan RMU, masyarakat juga dibantu 10 ton gabah kering senilai 65 juta rupiah,"kata nya.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan bahwa ini merupakan hasil kerjasama masyarakat, pemerintahan Nagari dan Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kita bersyukur atas segala yang telah kita capai, sampai sejauh ini. Semua yang telah kita kerjakan selama ini, kita lakukan dengan hati yang Ikhlas, tutupnya.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post